Kamis, 01 Oktober 2020

Cara Membuat dan Menggunakan Loadbank


Tujuan Loadbank adalah untuk secara akurat meniru beban operasional atau beban sesungguhnya suatu sumber daya yang biasa terlihat dalam suatu aplikasi. Namun, tidak seperti beban sesungguhnya, yang kemungkinan akan tersebar, tak terduga dan acak nilainya. Berikut manfaat loadbank yang perlu Anda diketahui :

  1. Loadbank untuk Pengetesan Mesin Diesel Genset, Gas Engine dan Mesin Turbin. Loadbank yang masih bekerja pun biasa dilakukan ketika sudah beroperasi Iebih dari 14.000jam. Dengan bertujuan guna mengetahui seberapa banyak prosentase penurunan kemampuan suatu Diesel Genset, Gas Engine dan Mesin Turbin tersebut yang indikasinya bisa digunakan sebagai acuan untuk service atau overhaul sehingga performa mesin dapat mencapai kondisi yang aman atau di inginkan.
  2. Loadbank untuk Pemindah Beban Pada suatu instalasi tertentu loadbank diperlukan sebagai media pemindah beban, pada instalasi crane, loadbank dipakai sebagai pengalih beban untuk menghindari efek overspeed pada generator akibat beban kejut yang hilang secara tiba-tiba, dengan menggunakan loadbank, beban crane yang hilang langsung dipindahkan ke unit loadbank sehingga kondisi generator set akan tetap stabil.
  3. Loadbank untuk Synchronizing Test Perlunya loadbank dalam proses synchronizing test adalah sebagai simulator, sebelum proses synchronizing berjalan dengan baik perlu dilakukan setting dan testing dengan loadbank sehingga pada saat proses tersebut tidak akan mengganggu kondisi instalasi kelistrikan yang sedang berjalan.
Fungsi lain dari loadbank dapat dilihat pada sewa loadbank terbaik serta dapat mengunjungi sewa loadbank disini yang juga sebagai media pengalih beban sementara atau sebagai pembuang beban, sebagai misal suatu unit generator yang sedang bekerja dengan beban penuh tiba-tiba harus hilang sebagian besar beban atau bahkan hilang maupun sengaja dihilangkan bebannya dengan berbagai macam sebab, maka genset bisa mengalami overspeed.

Untuk mengatasi hal tersebut maka fungsi loadbank adalah untuk memindahkan beban yang hilang itu ke unit loadbank dalam waktu singkat sesuai program pengaturnya, yang selanjutnya bisa diatur sendiri mau diapakan genset tersebut baik secara manual atau mengikuti langkah program lain yang sudah di program dalam sistem tersebut sejak dari awal.

0 komentar:

Posting Komentar