Minggu, 23 Agustus 2020

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Saraf


Makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi kinerja tubuh, salah satunya sistem saraf. Sistem saraf berfungsi untuk mengendalikan penglihatan, indera perasa, indera penciuman, gerak refleks, kemampuan kognitif, dan masih banyak lagi. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, jaringan saraf akan lebih sehat dan terjaga sampai usia tua nanti.

Jika Anda mengabaikan kesehatan saraf, kemungkinan besar berbagai masalah kesehatan akan muncul. Misalnya, gangguan suplai darah, Alzheimer, gangguan kecemasan, depresi, Parkinson, dan lain-lain. Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, Anda bisa mencegah kelainan tersebut sekarang atau di kemudian hari.

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Saraf

Lalu, makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Ikan
Ikan juga sangat baik untuk kesehatan jaringan saraf Anda. Ikan mengandung asam lemak omega-3 tinggi yang bagus untuk mencegah kerusakan saraf. Salah satu jenis ikan yang cocok dikonsumsi adalah salmon. Ikan yang satu ini mengandung omega-3 yang tinggi, sehingga mampu menguatkan otak. 

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Pittsburgh, Amerika Serikat, orang dengan usia di bawah 25 tahun mengalami peningkatan skor dan memori kerja setelah mengkonsumsi asupan omega-3 selama 6 bulan.

2. Sayuran Berdaun Hijau
Jika tidak suka ikan, Anda bisa mengkonsumsi sayur-sayuran berdaun hijau. Misalnya, sawi, kangkung, bayam, selada, dan masih banyak lagi. Sayuran hijau kaya akan vitamin C, magnesium, vitamin B kompleks, dan nutrisi penting lainnya. Vitamin E dan C berfungsi sebagai anti aging sistem saraf, sedangkan magnesium untuk menenangkan saraf.

Untuk vitamin B kompleksnya berfungsi sebagai bahan kimia otak untuk mengatur pernapasan, detak jantung, dan pencernaan.

3. Coklat hitam
Biasanya orang lebih menyukai coklat biasa karena rasanya lebih manis dibandingkan coklat hitam. Namun, tahukah Anda bahwa coklat hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya sistem saraf. Kandungan flavonoidnya memiliki sifat anti inflamasi sekaligus sebagai antioksidan. Kedua senyawa tersebut bisa membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung serta menurunkan tekanan darah.

4. Telur
Telur juga menjadi salah satu makanan yang bisa menyehatkan saraf. Di dalam telur terdapat kaolin  yang berfungsi memicu otak memproduksi asetilkolin, neurotransmitter yang berguna untuk komunikasi dan daya ingat diantara sel-sel otak. Selain itu, kandungan vitamin pada telur berfungsi untuk menjaga dan memperbaiki fungsi sistem saraf. Jadi, makan telur rebus di pagi hari baik, lho!

5. Kacang 
Selain telur, ada juga kacang-kacangan yang tidak kalah bagusnya dalam menjaga sistem saraf. Kacang mengandung nutrisi seperti antioksidan, vitamin E, dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan otak. Kandungan vitamin E bisa melindungi membrane sel otak dari radikal bebas dan memperlambat penurunan mental.

Itulah lima makanan yang bagus dikonsumsi untuk menjaga jaringan saraf tentang sehat. Untuk seputar informasi lainnya tentang kesehatan, Halodoc bisa jadi solusinya. Pada platform ini, Anda akan mendapatkan sejumlah kemudahan dalam mendapatkan informasi maupun layanan kesehatan. Hanya dalam satu platform saja, Anda sudah bisa chat dengan dokter, mencari rumah sakit terdekat, cari dokter, cek covid, beli obat, dan membaca artikel.

Di Halodoc sendiri tersedia berbagai macam obat yang dijual bebas. Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan waktu pergi ke apotik. Tinggal klik, dan tunggu barang sampai dengan selamat di rumah Anda.

Jadi, kenapa harus ragu menggunakan Haldodoc? Pasang aplikasinya sekarang juga di handphone Anda, dan rasakan kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan!

0 komentar:

Posting Komentar