Selasa, 24 Maret 2020

Tanya Dokter Tentang Jerawat dan Makanan yang Menjadi Penyebabnya


Ketika mengalami masalah kesehatan, satu hal yang sering melatarbelakangi hal tersebut adalah karena pola makan yang salah. Termasuk ketika timbul jerawat di wajah juga bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Ketika muncul jerawat di wajah bisa untuk mengobatinya menggunakan obat, tanya dokter tentang jerawat di aplikasi Halodoc untuk konsultasi mengenai cara mengatasi hal ini, dan juga bisa dengan menggunakan menghindari makanan yang menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Adapun untuk beberapa jenis makanan yang menyebabkan suburnya jerawat pada wajah yang sebenarnya dapat untuk dihindari atau dikurangi adalah:

1. Gandum halus dan gula
Jenis makanan selanjutnya yang sebaiknya dihindari agar tidak muncul banyak jerawat di muka adalah gandum halus dan gula. Jerawat akan lebih sering muncul ketika Anda sering mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan seperti gula. Oleh karena itulah untuk menghindari munculnya jerawat di muka maka bisa untuk menghindari makanan dan minuman yang tinggi gula seperti roti, kerupuk, nasi putih, mie, soda, pemanis, dan juga pasta yang berasal dari tepung putih. Karbohidrat olahan tersebut dapat untuk meningkatkan kadar gula darah pada tubuh sehingga juga membuat insulin naik. Kadar insulin tersebut yang berefek dapat membuat wajah berjerawat dengan lebih mudah.

2. Produk susu
Jenis produk selanjutnya yang bisa dihindari agar tidak tumbuh jerawat di wajah adalah dengan menghindari atau mengurangi mengkonsumsi susu. Anda bisa untuk menghindari produk olahan susu seperti es krim karena dapat untuk meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Sehingga ketika mengkonsumsi produk susu maka akan membuat muncul jerawat dan juga membuat jerawat di wajah menjadi parah. Oleh karena itulah sebaiknya ketika sedang berjerawat bisa terlebih dahulu untuk mengurangi produk olahan susu agar tidak membuat kondisi jerawat di wajah menjadi lebih parah.

3. Makanan cepat saji
Jenis makanan ketiga yang juga dapat membuat wajah berjerawat menjadi lebih parah adalah makanan cepat saji. Makanan ini mempunyai kandungan yang tidak baik untuk tubuh seperti kalori yang tinggi, lemak, dan juga karbohidrat olahan. Makanan cepat saji seperti hot dog, kentang goreng, burger, ayam goreng, dan lainnya juga dapat membuat jerawat di wajah menjadi lebih parah. Studi mengatakan bahwa apabila mengkonsumsi makanan cepat saji dapat mempunyai resiko untuk meningkatkan munculnya jerawat hingga 17 persen. Oleh karena itulah untuk mencegah jerawat, Anda bisa mengurangi makanan cepat saji dan melakukan diet sehat.

4. Makanan kaya lemak omega 6
Jenis makanan selanjutnya yang bisa dihindari agar tidak membuat jerawat menjadi parah adalah makanan yang kaya lemak omega 6. Anda bisa melakukan diet makanan lemak omega 6 yang dapat untuk membuat peradangan di wajah dan juga meningkatkan resiko munculnya jerawat di wajah. Bahan makanan yang mengandung lemak omega 6 misalnya minyak kedelai dan juga jagung yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat jerawat menjadi lebih parah.

5. Coklat
Makanan terakhir yang sebaiknya dihindari untuk menghindari resiko munculnya jerawat pada muka adalah coklat. Bahan ini sudah terkenal sebagai makanan enak yang dapat membuat wajah mudah berjerawat sehingga banyak dihindari untuk wajah yang lebih mudah berjerawat. Terutama untuk coklat yang mempunyai topping kacang sangat dihindari karena lebih mudah jerawat muncul di wajah. Selain dengan menghindari makanan tersebut, Anda juga bisa untuk tanya dokter tentang jerawat di aplikasi Halodoc untuk mengetahui langkah pencegahan jerawat lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar