Senin, 09 Maret 2020

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Renovasi Rumah


Sebelum melakukan renovasi rumah, tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah jasa tukang bangunan.  Anda pasti pernah mengalami kesulitan ketika menghitung biaya jasa tukang, yang perlu Anda ketahui adalah ada 2 sistem jasa tukang apa saja itu?

  • Sistem Harian
Sistem harian berarti Anda harus membayar jasa tukang setiap hari. Tukang yang Anda andalkan juga harus bekerja terus tanpa ada kesempatan untuk berhenti. Selain itu tukang bangunan harian biasanya memiliki keahlian tertentu. Sistem harian ini merupakan sistem yang sangat banyak digunakan di Indonesia. 

Sebenarnya ada beberapa kekurangan yang menyelimuti sistem harian ini. Salah satunya adalah ketika tukang yang punya kepandaian lebih  libur, otomatis ada beberapa pekerjaan yang tidak akan dikerjakan pada saat itu. Lebih mengerikan lagi ketika tukang yang paling pandai justru keluar dari pekerjaan.

Tentunya jelas manajemen tukang semacam ini, membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang khusus. Apalagi tukang zaman sekarang biasanya sudah punya pekerjaan selain menjadi tukang. Maka dari itu kita perlu benar-benar memperhatikan background dari pemilihan tukang apalagi untuk pekerjaan dengan model harian.

  • Sistem Borongan
Salah satu sistem yang sangat umum di Indonesia adalah sistem borongan. Di sini tidak hanya tukang, namun juga material yang diborongkan. Ada beberapa keuntungan terkait hal ini, pertama tentu harga material yang didapatkan akan jauh lebih murah. Tapi tentu ada konsekuensi negatif yang perlu dihadapi seperti jasa tukang memakan waktu lama.

Proses yang lama ini pasti akan terjadi karena pada sistem borongan biasanya para tukang lebih memilih untuk mengerjakan pekerjaannya dengan santai. Tentu saja saya akan dapatkan berbeda dengan sistem harian karena pada sistem borongan kita akan memasang target yang pasti pada para tukang ini.

Namun, material yang harus kita keluarkan adalah satu kali beli. Kata lain kita perlu mengeluarkan uang dengan jumlah yang besar pada satu waktu. Jika sistem borongan ini dilakukan dengan baik hasilnya akan lebih baik dibanding sistem harian karena akan memangkas biaya jasa tukang dengan sangat signifikan.

Tapi sistem ini juga dapat berakhir sangat buruk. Semisal pekerjaan tukang ini asal-asalan mengingat sistemnya yang sudah dibayar di muka pasti ada saja alasan orang untuk meninggalkan pekerjaannya begitu saja. Walaupun bisa dilakukan dengan baik sistem ini akan sangat menguntungkan bagi para developer.

Pilihan manapun yang Anda pilih terkait sistem yang pas untuk tukang, harusnya memiliki dasar yang jelas dan tukang yang terpercaya. Memang sistem apapun ketika tukang tersebut bekerjanya tidak maksimal hasilnya sama saja akan mengecewakan. Namun ketika tukang dapat menjalani pekerjaannya dengan baik kita tidak perlu khawatir mengenai sistemnya.

Sebenarnya sistem tukang ini lebih kepada urusan ekonomi saja. Pada beberapa kasus sistem seperti ini justru berubah di tengah jalan. Tentu saja hal seperti itu akan sangat mengganggu, tapi fleksibel saja itu memang mungkin dilakukan apalagi mengingat pekerjaan dan deadline yang terus mendekat.

Apabila Anda berniat untuk mencari tukang bangunan dan Anda belum menemukan tukang yang terpercaya hingga saat ini, ada baiknya anda kunjungi website sejasa.com. Mereka akan membantu Anda menemukan tukang yang baik dan membantu dalam renovasi rumah.

0 komentar:

Posting Komentar