Kamis, 06 Februari 2020

Tips Membeli Mobil Bekas, Biar Untung Banyak


Sekarang ini mobil sudah menjadi kebutuhan banyak orang, selain untuk memudahkan saat berpergian, moda transportasi ini juga bisa dijadikan aset yang seaktu-waktu bisa dijual kembali. Banyaknya masyarakat yang lebih memilih mempunyai mobil pribadi tak lain karena faktor transportasi umum di Indonesia yang masih jauh dari kata nyaman.

Namun memang tidak semua orang bisa membeli mobil yang diinginkan. Harga mobil masih tergolong tinggi membuat mereka yang keuangannya dikelas menengah tidak mampu membeli mobil baru. Namun untuk hal terbut bisa diakali dengan cara membeli mobil bekas.

Pasalnya sekarang ini ada banyak sekali mobil-mobil bekas yang masih layak pakai dengan kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau, namun untuk membeli mobil bekas tidak bisa sembarangan, anda harus pintar-pintar melakukan inspeksi mobil dan cek mobil bekas yang hendak anda beli.

Setidaknya ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum membeli mobil bekas agar mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang masih bagus namun dengan harga yang terjangkau, beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut, antara lain :

1. Cek Komponen Mobil
Perhatikan setiap bagian mobil, apakah ada kemungkinan bagian-bagian body mobil sudah diganti, periksa juga bagian dalamnya, seperti pintu mobil, kursi, kap, AC, radio, dan semua tombol-tombol berfungsi dengan baik. Bandingkan bagian-bagian mobil bekas tersebut dengan kondisi baru mobil.

2. Cek Kondisi Mesin
Meskipun body masih mulus, kondisi dan performa mesin juga harus diperhatikan. Cek suara mesinnya apakah ada yang janggal. Pastikan juga kondisi rem masih berfungsi dengan baik. Hal lain yang dikhawatirkan dari calon pembeli biasanya adalah mobil yang bekas banjir. Biasanya mobil bekas yang pernah terkena banjir suaranya lebih keras dari mobil normal. 

3. Cek Box Transmisi
Baik mobil bekas matic, maupun manual yang ingin dibeli, hindari yang mengalami kebocoran oli dari celah box transmisi. Untuk mengeceknya yakni dengan melihat pada bagian transmisi di bodi mobil, apakah ada bekas oli yang berantakan atau tidak.

4. Tes Drive
Mintalah izin dan ajak penjual untuk mencoba mobil tersebut. Cek setir apakah masih normal dengan melakukan lepas stir pada kecepatan rendah untuk mengecek apakah mobil tetap berjalan lurus atau tidak, dan lakukanlah berbagai manuver.

5. Cek Dokumen Kendaraan
Sebelum membeli mobil bekas anda juga harus jeli terhadap surat-surat mobil yang akan dibeli. Periksa dahulu STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya dengan cara memfotocopy dokumen tersebut dan mengeceknya di polda atau kantor samsat terdekat sebelum melakukan transaksi.

Untuk melakukan berbagai pengecekan seperti diatas memang anda setidaknya mempunyai pengetahun tentang seluk beluk mobil, namun jika anda belum ada pengetahuan atau belum berpengalaman dengan kondisi mobil ada baiknya mengajak orang yang ahli, montir bengkel, atau teman yang memahami mesin untuk mengecek mobil. Apalagi bengkel-bengkel mobil saat ini juga sudah semakin canggih dengan menggunakan sistem komputerisasi.

Namun jikaAnda tidak ada kenalan yang bisa membantu, gunakan jasa inspeksi mobil bekas yang menyediakan mekanik handal dan berpengalaman dalam memeriksa mobil bekas. Dengan bantuan profesional, tentunya Anda akan merasa lebih yakin dalam membeli mobil pilihan Anda.

Salah satu penyedia jasa pengecekan mobil yang sudah terbukti adalah Otospector. Dengan memakai jasa dari Otospector anda akan mendapatkan banyak kemudahan karena semua inspeksi akan dilakukan oleh certified inspectors yang mengerti dan berpengalaman dalam memeriksa mobil. Anda juga tidak perlu repot menunggu atau membawa mobil ke bengkel, pemeriksaan dilakukan sesuai dengan tempat dan waktu yang Anda tentukan.

Pengecekan didukung oleh teknologi dan peralatan yang lengkap, seperti ECU scanner, pengukur ketebalan cat body, dan masih banyak lagi. Selain itu Otospector akan memberikan laporan inspeksi elektronik dalam bentuk PDF yang mudah diakses di mana saja.

0 komentar:

Posting Komentar