Kamis, 19 Desember 2019

Perhatikan 5 Hal ini Saat Memilih Penyedia Asuransi


Pada era sekarang, semakin banyak orang yang sadar akan manfaat asuransi kesehatan. Pasalnya, jenis asuransi ini merupakan salah satu upaya Anda dalam melakukan perlindungan diri maupun keluarga.

Memilih  Penyedia Asuransi

Perusahaan maupun penyedia asuransi biasanya menyediakan produk asuransi kesehatan dengan jaminan-jaminan tambahan lainnya. Hal ini akan memberikan Anda banyak pilihan. Namun sebelum memilih produk, Anda sebaiknya memilih penyedia jasa asuransi ini terlebih dahulu. Berikut ini adalah tips-tips yang dapat Anda gunakan.

1. Layanan Kesehatan Lengkap 
Saat menggunakan asuransi ini, jaminan yang minimal bisa Anda dapatkan adalah perawatan, rawat inap, dan rawat jalan. Untuk jaminan lainnya, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. Misalnya jaminan biaya kehamilan, bersalin, maupun perawatan mata dan gigi.

2. Jaminan Sesuai Premi
Jaminan yang akan Anda dapatkan disesuaikan dengan besaran premi yang dibayar. Banyaknya fasilitas yang diinginkan berbanding lurus dengan tinggi premi yang Anda setorkan. Oleh karena itu, pilihlah jaminan sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

3. Jaringan Rumah Sakit Luas
Dalam menentukan penyedia asuransi jenis ini, pastikan bahwa mereka memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Pastikan rumah sakit tersebut menyebar di seluruh Indonesia, minimal ada di kota-kota besar. Hal ini guna memudahkan Anda ketika ingin berobat. 

4. Sistem Pembayaran Non Tunai (Cashless)
Fasilitas non tunai dalam asuransi ini akan lebih memudahkan Anda terutama jika butuh rawat inap di rumah sakit. Pasalnya, Anda hanya perlu menunjukkan kartu asuransi untuk dapat mendapatkan fasilitas kesehatan. Artinya, Anda tidak perlu melakukan pembayaran kemudian minta klaim dari pihak asuransi.

5. Pre-Existing Condition Cepat
Kondisi yang sudah didiagnosa terkena penyakit atau riwayat sakit Anda sebelum mendaftar asuransi disebut pre-existing condition. Pada situasi ini, Anda akan diterima sebagai nasabah oleh perusahaan dengan persyaratan tertentu. Selain akan memberikan premi yang lebih besar, perusahaan biasanya menangguhkan klaim tertentu terhadap penyakit Anda (waiting period). Lama waktu tentu bergantung perusahaan masing-masing. Oleh karena itu, tentukanlah perusahaan yang memberikan masa tunggu dalam melakukan klaim tersingkat.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih penyedia asuransi kesehatan. Pilihlah perusahaan yang memiliki rekam jejak yang bagus. Agar Anda mendapatkan pelayanan maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar