Kamis, 29 Agustus 2019

Prosedur Mendaftarkan Merk


Memiliki sebuah merk dagang memang menjadi salah satu senjata andalan bagi pemilik usaha agar usahanya bisa maju dan berkembang. Kepemilikan sebuah merk dagang tentu saja menjadi salah satu penyebab dari majunya usaha. Identitas perusahaan dan juga produk ditentukan oleh merk dagang. Mendaftarkan sebuah merk dagang merupakan sebuah keharusan apabila ingin agar usha yang dimilikinya maju dan berkembang.  Namun bagi sebagian kalangan yang belum mengetahuinya, mendaftarkan merk dagang itu sebenarnya sangat mudah. Terdapat prosedur pendaftaran merek online yang bisa dilakukan untuk mempermudah proses pendaftaran merek dagang secara resmi. Oleh karenanya, bagi para pengusaha yang ingin berkembang, merk dagang yang terdaftar secara resmi merupakan salah satu pertanda bahwa usaha dipersiapkan untuk maju.

Bagi anda yang belum mengetahui perihal pendaftaran merek dagang yang lengkap, maka berikut ada penjelasan seputar cara pendaftaran merk dagang. Seperti berikut ini:

  • Sebelum menentukan merk dagang yang akan digunakan akan lebih baik apabila anda menyempatkan diri untuk melakukan pengecekan terhadap merk dagang yang akan anda gunakan. Pengecekan terhadap merk dagang ini berkaitan dengan apakah ada merk dagang yang sama untuk produk yang sama ataupun merk dagang yang sama dengan intisari produk yang berbeda. Hal ini penting untuk mempercepat proses pendaftaran merk dagang. Sebab jika ada merk dagang yang sama maka proses dan pengajuan pendaftaran merk dagang tentu saja akan ditolak.
  • Akses pangkalan data kekayaan intelektual yang disediakan oleh kementerian hukum dan ham. Tujuannya adalah untuk mengetahui akan keberadaan merk dagang yang sama untuk produk yang sama maupun untuk produk yang berbeda akan tetapi dengan merk dagang yang sama. Langkah ini bisa dilakukan secara online untuk mengetahui perihal merk dagang serta barang yang sudah terdaftar di dirjen HKI. Tentu saja hal ini bisa dilakukan sendiri sebelum menentukan nama untuk produk yang akan dibuat serta dipasarkan. Jangan sampai identitas produk baik itu barang maupun jasa memiliki kemiripan dari berbagai sisi yang mengakibatkan proses pemasaran produk menjadi lebih sulit bahkan bisa dikatakan memiliki tantangan yang lebih besar jika dibandingkan dengan yang belum memiliki saingan produk sejenis.
  • Tanyakan persyaratan yang harus dipenuhi serta jangan lupa untuk meminta formulir pendaftaran merk di dirjen HKI. Tujuanya adalah untuk mempercepat proses. Sebab jika  persyaratan pendaftaran belum lengkap, maka proses pendaftaran merk menjadi tidak berjalan dengan baik. Apabila persyaratan dipersiapkan terlebih dahulu, maka proses pendaftaran menjadi lebih cepat. Termasuk berkas-berkas yang harus dipersiapkan untuk melakukan pendaftaran merk dagang. Tanpa mempersiapkan berkas terlebih dahulu, maka proses pendaftaran merk menjadi lebih lama dan menjadi lebih panjang.
  • Persiapkan berkas berupa identitas perusahaan sampai dengan contoh label dari merk yang akan dipasarkan ke publik. Setelah itu, anda bisa mendaftarkan langsung ke dirjen HKI. Jangan lupa untuk melampirkan seluruh kelengkapan berkasnya dengan baik. Sebab jika tidak melampirkan berkas dengan lengkap, prosesnya lebih panjang dan akan merugikan perusahaan. Berkas-berkas dan juga sampel label yang akan menjadi merek dagang tersebut harus dipersiapkan terlebih dahulu supaya tidak memakan biaya besar untuk proses pengurusannya. Sebab semakin lama dan semakin tidak lengkap berkasnya maka kerugian secara finansial akan anda derita ketika melakukan pengurusan untuk mendaftarkan merk dagang.
Melengkapi berkas dan mengembalikan formulir pendaftaran untuk mendaftarkan merk dagang bisa dilakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa pihak ketiga. Sebab untuk melakukan pengurusan terhadap pendaftaran merk dagang kini sudah tidak membutuhkan proses yang panjang serta lama. modifikasi dan perbaikan dalam pelayanan publik membuat para pengusaha tidak perlu mengalami kesulitan dalam proses pengurusan merk dagang untuk kemajuan usahanya. Oleh karenanya, bagi para pengusaha tentu ini merupakan sebuah keuntungan yang diberikan apabila proses pengurusan dan mendaftarkan merk dagang menjadi lebih sederhana dan lebih cepat. Semakin cepat proses pengurusan pendaftaran merk dagang maka semakin cepat pula para pengusaha bisa memulai usahanya untuk mulai menghasilkan keuntungan dalam jumlah besar bagi usahanya.

0 komentar:

Posting Komentar