Senin, 08 Juli 2019

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Mengajukan Kredit Kendaraan


Memiliki kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4 adalah salah satu kebutuhan hampir semua orang di zaman ini. Bagaimana tidak, mobilitas yang kian meningkat terutama di kota besar menuntut seseorang untuk bisa pergi kemanapun tanpa mengenal waktu. Tentu jika memakai modal transportasi publik kebutuhan ini cukup sulit dipenuhi. Solusinya, banyak orang mengajukan dana cepat untuk kredit kendaraan, baik motor maupun mobil. 

Mobil adalah jenis kendaraan yang cukup nyaman karena jika di malam hari atau ketika cuaca hujan seseorang akan lebih terlindungi. Tidak hanya itu, mobil lebih bisa mengamankan berkas-berkas yang dibawa seseorang ketika dalam perjalanan. Itulah alasan banyak orang lebih suka mengendarai mobil daripada motor. Namun demikian, membeli mobil bukanlah perkara mudah. Harga kendaraan bermotor yang kian tinggi membuat seseorang akan kesulitan.

Salah satu alternatif cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkredit. Karena sistem pembayaran kredit adalah mencicil, tentu uang yang dikeluarkan seseorang tidak langsung banyak sehingga yang bersangkutan masih bisa mengalokasikan pendapatan setiap bulan untuk hal lain. Fasilitas kredit memudahkan seseorang yang ingin membeli mobil tetapi dana yang tersedia belum mencukupi. 

Terlebih lagi saat ini sudah banyak bank maupun lembaga pembiayaan yang menawarkan fasilitas cicilan untuk hampir seluruh jenis mobil di Indonesia. Menurut survei yang dilakukan oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor) pada tahun 2015 pembelian mobil secara kredit menginjak angka 85%. Cukup besar bukan? Menurunnya daya beli yang disebabkan banyak faktor mendorong lebih banyak konsumen membeli mobil dengan cara angsuran alias kredit.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Mengajukan Kredit Kendaraan

Saat Anda memutuskan untuk membeli mobil baru dengan fasilitas kredit atau cicilan ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, terutama adalah syarat-syarat pengajuan kredit mobil tersebut. Pengajuan kredit mobil tidak semudah yang dibayangkan, adakalanya kredit mobil disetujui tanpa prosedur lama. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mengajukan kredit mobil kendaraan yang bisa Anda ikuti.

1. Pilih Kredit dari Bank
Jika mengharapkan cicilan ringan saat mengajukan kredit mobil baru, sebaiknya pilih pembiayaan atau dana cepat dari bank saja. Hampir semua bank di Indonesia memiliki produk kredit kendaraan bermotor (KKB) dengan skema pinjaman yang hampir sama. Sebab biasanya bunganya lebih rendah dibanding leasing atau perusahaan pembiayaan (multifinance). Bunga rendah ini pastinya akan berpengaruh pada jumlah cicilan.

Syarat dokumen pengajuan kredit umumnya lebih ketat. Tidak semua pengajuan bisa lolos verifikasi kelayakan. Sebab setelah pemenuhan dokumen selesai, seperti slip gaji, keterangan bekerja, kartu keluarga, dan kartu tanda penduduk, pihak bank akan melakukan survei dan merekalah yang akan menentukan apakah nantinya Anda layak menerima kredit. 

2. Dealer yang Terpercaya
Selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah dealer tempat Anda mengambil kendaraan. Mencari dealer yang terpercaya tidak hanya berlaku untuk pembelian kendaraan baru, melainkan juga yang bekas. Memilih dealer resmi dan terpercaya juga akan menghindarkan Anda dari masalah dokumen di masa mendatang. Ingat bahwa dokumen kendaraan ini bisa membantu Anda dalam pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau penjualan kembali di masa mendatang.

Sebagai bentuk pelayanan, dealer kendaraan resmi juga memberikan buku garansi dan buku panduan. Bahkan ada yang memberikan helm sesuai standar keselamatan bagi pelanggannya. Jadi, selalu cek kredibilitas dealer yang akan Anda pilih. Jika ragu, Anda bisa bertanya pada rekan atau mencari dealer terbaik lewat internet.

3. Kondisi Keuangan
Setiap bulannya, Anda akan mendapat penghasilan yang merupakan akumulasi dari gaji, hasil usaha, atau lainnya. Penghasilan tersebut harus dihitung dan diperkirakan dapat mengakomodasi pengeluaran penting yang harus dibayar ketika memiliki cicilan seperti dana cepat untuk uang muka, angsuran bulanan, bahan bakar, serta pengeluaran lain seperti perawatan ringan dan pencucian.

4. Tentukan Tipe Mobil
Mobil-mobil yang termasuk low cost green car atau LCGC jadi pilihan tepat jika Anda menginginkan kredit mobil baru dengan cicilan ringan. Harganya masih berada di kisaran 150 juta. Memang kini harga mobil LCGC terus naik dan hampir menyamai MPV namun tetap terjangkau untuk kalangan menengah.  Dari segi performa mesin, memang LCGC tidak bisa secepat dan sekarang MPV, selain itu biasanya hanya 4 seater. Namun mobil jenis ini cocok untuk kalangan muda berpenghasilan menengah yang tinggal di perkotaan.

5. Kelengkapan Administrasi
Berkas administrasi yang lengkap menjadi bagian penting dalam tahap pengajuan kredit mobil. Selain itu, kelengkapan dokumen juga merupakan syarat penentu pengajuan kredit Anda cepat disetujui. Berkas-berkas yang harus dimiliki sebelum mengajukan kredit di antaranya, Kartu Keluarga, KTP, Slip Gaji, Rekening Tabungan, Rekening Listrik/Telepon/Pajak Bumi Bangunan, dan dokumen penunjang lainnya sesuai persyaratan di lembaga pembiayaan tersebut.

Nah, demikianlah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mengajukan kredit kendaraan, dimulai dari dana cepat https://www.cekaja.com/kredit untuk uang muka, angsuran, kelengkapan administrasi, dan lain sebagainya. Pada intinya, asalkan segala prosedur dan persyaratan dilengkapi dengan baik maka kredit kendaraan Anda tidak akan terhambat.

1 komentar: