Kamis, 20 Juni 2019

Ketahui 5 Penyebab Mobil Toyota Tidak Melaju Kencang


Bagi pengendara mobil, memiliki mobil yang kencang tentu menjadi tujuan. Terlebih mobil kesayangan yang akan menunjang aktivitas dalam sehari-hari. Banyak sekali mobil dipasaran yang salah satunya adalah mobil Toyota. Namun terkadang dalam kondisi-kondisi tertentu mobil yang menjadi andalan malah tidak sesuai dengan keinginan, salah satunya lajunya yang lambat padahal kita dalam keadaan terburu-buru.

Mengenai hal tersebut tentu ada permasalahan yang terjadi sehingga mengakibatkan mobil tidak melaju kencang seperti biasanya. Untuk itu sebaiknya mengetahui secara pasti apa saja yang menyebabkan kondisi mobil tidak dapat melaju dengan kencang.

Penyebab Mobil Tidak Melaju Kencang

Berikut beberapa hal yang bisa saja menjadi penyebab laju mobil menjadi tidak kencang :

1. Filter udara 
Penyebab mesin pada mobil menjadi tidak bisa melaju dengan kencang bisa jadi karena filter udara yang kotor sehingga akan menghambat kinerja mesin. Yang biasanya melaju kencang menjadi berat lajunya filter udara kotor dan akibatnya oksigen yang dibutuhkan mesin agar tetap optimal menjadi terhalang.

Selain berpengaruh pada laju mesin yang tidak bisa kencang juga akan berdampak pada suara berisik yang timbul dari dalam mesin mobil. Tentu jika dibiarkan terus menerus akan merusak eksistensi dan fungsi dari mesin itu sendiri. 

2. Overheating pada mesin
Mesin agar kinerja sehari-harinya tetap optimal maka diperlukan pemanasan sesuai standar. Namun jika mesin ini terlalu panas atau mendapatkan panas yang berlebihan akan mengalami overheating. Biasanya akibat overheating ini kinerja mesin menjadi semakin berat.

Tentu hal tersebut akan menjadi beban yang berat untuk mobil karena harus dipaksa melaju kencang sedangkan mesin tidak bekerja maksimal. Alhasil tidak jarang jika mobil tiba-tiba macet karena hal tersebut. Untuk itu, sebaiknya diperhatikan kondisi-kondisi semacam ini agar terhindar dari kerusakan mesin dan hal-hal lain yang tidak diinginkan.

3. Ban yang digunakan
Ban juga tampaknya menjadi pengaruh secara tidak langsung pada laju kendaraan. Ban sebagai komponen yang penting ini juga perlu diperhatikan terkait ukuran maupun kondisi fisik ketika mobil akan digunakan. Ukuran ban juga hendaknya disesuaikan dengan model dan jenis mobil.

Ukuran ban yang terlalu kecil tentu akan menjadikan beban menjadi lebih berat. Dengan beban yang berat tentu laju mobil akan semakin melambat. Begitupun juga agak sulit untuk menahan keseimbangan khususnya ketika dalam medan yang menikung tajam.

4. Pintu scissor
Melihat mobil-mobil mewah seperti lamborghini dengan model pintu scissor membuat sebagian orang tidak kehabisan akal untuk meniru dan mengaplikasikannya pada mobilnya, tak terkecuali pada mobil Toyota ini. Hal ini dengan maksud agar mobil terlihat keren dan mewah.

Namun bukannya eksklusif melainkan mobil kalian hanya akan terlihat seperti mobil tua yang dipaksakan berjalan. Beban mobil tentu akan berbeda dan dengan modifikasi-modifikasi yang berlebihan ini hanya akan membuat mesin menjadi bekerja ekstra sehingga tidak memungkinkan akan menjadi lambat ketika dikendarai.

5. Spoiler
Terkadang dijumpai juga mobil dengan ala-ala mobil mewah yang memiliki wing sehingga dengan harapan akan nampak eksklusif dan berkelas. 

Memang di satu sisi pemasangan spoiler ini tidak memberikan dampak pada laju mobil, namun jika dilakukan dengan melebihi standar dan pemasangannya yang terlalu besar hanya akan memperberat kerja mobil yang mengakibatkan mobil juga akan lambat jalannya. Sehingga, sebaiknya jika ingin memasang spoiler, perhatikanlah jenis mobil kalian.
Beberapa penyebab yang menjadi mobil tidak melaju kencang bisa saja terjadi pada mobil apapun termasuk mobil Toyota kesayangan. Sehingga jangan terburu-buru panik. Alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kondisi-kondisi yang bisa saja menjadi kemungkinan mobil menjadi tidak kencang seperti biasanya. 

0 komentar:

Posting Komentar