Selasa, 25 Juni 2019

Jangan Bingung, Ini Cara Mencari Tukang Bangunan Handal


Setiap keluarga khususnya keluarga yang baru pasti mengimpikan punya hunian atau rumah yang nyaman untuk ditinggali. Pasalnya membangun rumah tidak bisa sembarangan selain harus menyiapkan budget yang cukup, membangun sebuah hunian juga harus memperhatikan tukang bangunan yang akan mengerjakan nya.

Pasalnya jika salah memilih tukang bangunan bisa-bisa hunian yang kamu impikan tidak sesuai dengan keinginan, lebih parah lagi budget yang kamu siapkan bisa saja membengkak dan waktu pengerjaannya pun bisa menjadi sangat lama.

Untuk itu memilih tukang bangunan juga merupakan hal yang krusial untuk dipikirkan secara matang terlebih dahulu. Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan saat memilih tukang bangunan, seperti:

1. Kinerja
Ketika Anda akan memilih tukang bangunan, maka pilihlah dari riwayat pekerjaan setiap tukang bangunan tersebut. Tanyakan kinerja tukang bangunan yang Anda pilih tersebut dari pendapat orang lain yang pernah bekerjasama dengannya. Jika perlu, mintalah rekomendasi tukang bangunan dari orang yang Anda percaya. Lihat pula hasil kerjanya sehingga Anda dapat membayangkan bagaimana hasil yang akan diterapkannya pada rumah Anda

2. Terus awasi
Meski Anda telah percaya penuh dengan tukang bangunan yang Anda pilih, tetaplah lakukan pengawasan terhadap kinerjanya. Jika pemilik rumah cenderung lepas tangan maka memperbesar kemungkinan kerja tukang bangunan akan lamban. Jika Anda menemukan ketidak telitian kerja maka wajib Anda tegur dengan halus.

3. Waktu pengerjaan
Anda harus menentukan durasi pembangunan rumah yang Anda inginkan. Tentukan deadline terbaik dan katakana kepada tukang bangunan pilihan Anda. Biasanya tukang bangunan akan memberikan kisaran honor yang pantas dikaitkan dengan masa kerja sekaligus perhitungan pembelian barang konstruksi. Mintalah penjelasan terperinci agar tidak terjadi kesalah pahaman.

4. Fisik
Tukang bangunan yang punya kemampuan tidaklah cukup jika tidak ditopang dengan kondisi fisiknya yang prima. Menjadi seorang tukang bangunan adalah pekerjaan yang menguras tenaga. Untuk menghindari resiko keterlambatan selesainya suatu bangunan, fisik tukang bangunan juga harus diperhatikan. Jika ingin bangunan atau hunian kamu selesai tepat waktu yang harus dilakukan adalah memilih tukang bangunan yang mempunyai kondisi prima, kondisi prima seorang tukang bangunan laki-laki berada direntan umur antara 25-40 tahun. Jika di bawah umur itu dipastikan ia belum berpengalaman dibidangnya dan jika diatas 40 tahun, walaupun sudah pasti berpengalaman dipastikan kondisinya tidak akan kuat lagi dan akan menimbulkan keterlambatan dalam pengerjaan.

5. Pengalaman
Pekerja bangunan yang sudah pengalaman biasanya mempunyai tariff harga yang tinggi, namun tariff tinggiini berbanding lurus dengan hasil yang diberikan, rasanya wajar apabila konsumen mau membayar sedikit lebih tinggi agar mendapatkan hasil yang baik. Memilih tukang bangunan yang berpengalaman juga membuat iklim kerja lebih menyenangkan. Tukang tidak perlu lagi disuruh dan telah tahu apa yang perlu dikerjakannya. Dan yang tak kalah penting

6. Bisa memahami desain
Tukang bangunan bukanlah mereka yang bersekolah di bidang arsitektur. Namun, beberapa tukang bangunan yang telah berpengalaman, bisa memahami gambar atau desain arsitektur. Kemampuan memahami gambar atau desain arsitektur dapat membantu proses pengerjaan bangunan sesuai dengan rancangan awal. Bukan hanya sesuai secara visual saja, namun juga dari segi perhitungan dan ukuran.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum memilih tukang bangunan untuk membangu hunian anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tukang bangunan saat ini.

1 komentar: