Kamis, 20 Juni 2019

Inilah Tips Agar Motor Yamaha Milik Anda Tetap Irit!


Banyaknya motor yang berada di pasaran salah satunya motor Yamaha tentu menjadikan aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Pasalnya kita tidak perlu capek-capek berjalan kaki jauh yang tentu juga akan memakan waktu yang lama. Namun dibalik itu juga akan membutuhkan banyak bahan bakar ketika kita terlalu sering menggunakannya atau menggunakan dalam jarak jauh. 

Memiliki motor yang boros bahan bakar juga kadang-kadang membuat jengkel sendiri. Apalagi baru saja diisi full dan ketika digunakan untuk menempuh baru beberapa kilometer saja sudah menyusut banyak. Pasti ingin rasanya agar motor kita di servis atau di otak-atik agar menjadi motor yang hemat bahan bakar.

Anda tidak perlu khawatir, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dicoba agar Anda termasuk berlaku pula untuk motor Yamaha kesayangan menjadi irit bahan bakar, diantaranya :

1. Jarak main rem
Pada kondisi tertentu bisa jadi kampas rem akan menempel pada piringan cakram. Kondisi ini bisa saja terjadi pada motor apapun termasuk pada motor Yamaha. 

Tentunya kondisi ini akan mengakibatkan laju kendaraan menjadi berat karena menempelnya kampas rem pada piringan cakram mengakibatkan beban motor semakin bertambah. Hal seperti inilah yang mengakibatkan bahan bakar menjadi cepat habis. 

Untuk itu, perhatikanlah kampas rem pada motor Anda sebelum mengendarainya agar penggunaan bahan bakar tidak berlebihan dan tentu juga dengan memperhatikan hal tersebut tadi juga sama halnya memperhatikan kondisi rem itu sendiri. 

2. Perhatikan kondisi ban
Sebelum berkendara, alangkah baiknya pula untuk mengecek kondisi ban. Ban yang kurang angin dengan ban yang tekanan anginnya standar tentu akan berbeda porsi kebutuhan bahan bakarnya. Hal ini karena dengan ban yang tekanan anginnya kurang maka beban kendaraan akan semakin bertambah, otomatis keperluan bahan bakar juga akan berkurang untuk bisa menyeimbangkan laju kendaraan itu sendiri.

3. Filter udara
Selanjutnya yang bisa Anda perhatikan adalah terkait dengan filter udara. Filter udara ini agar bahan bakar menjadi irit maka harus selalu dalam kondisi bersih dan tidak ada kerusakan. Untuk itu apabila dalam keadaan kotor, ada filter yang berjenis viscous element yang jangan sampai disemprot dengan cairan agar sekiranya bersih. Karena hanya akan membuatnya menjadi rusak.

Namun berbeda dengan filter yang biasanya berbahan busa. Tentu bisa untuk dibersihkan. Maka rajin-rajinlah untuk selalu memperhatikan kondisi filter ini setiap saat utamanya sebelum memulai berkendara. Sehingga apabila juga terjadi kerusakan pada filter alangkah baiknya untuk mengganti dengan yang baru agar motor menjadi irit bahan bakar. 

4. Kondisi busi
Busi menjadi salah satu bagian yang memegang peranan penting pada motor. Pasalnya jika ada suatu kerusakan pada busi biasanya motor tidak bisa digunakan dan kerjanya juga tidak optimal. Sehingga tidak jarang jika sewaktu-waktu dijalan motor tiba-tiba berhenti karena businya yang terbilang sudah lama.

Busi yang kurang normal atau dalam artian sudah terlalu lama tetapi tetap saja digunakan juga memberikan dampak yang tersendiri pada penggunaan bahan bakar. Hal ini karena hasil pembakaran yang dilakukan di ruang bakar juga menurun. Kondisi inilah yang mengakibatkan campuran gas yang dihasilkan oleh bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna. 

Tentunya agar menyeimbangkan sistem kerjanya tersebut, bahan bakar yang dibutuhkan sangatlah banyak. Maka dari itu perhatikanlah busi motor Anda jika tidak ingin motor Anda boros bahan bakar hanya karena hal-hal yang seharusnya bisa dicegah. 

Demikianlah beberapa tips yang bisa dicoba pada motor Anda termasuk motor Yamaha kesayangan agar tetap menjadi motor andalan yang tangguh dan tentunya irit bahan bakar. Sehingga akan membuat Anda tetap nyaman dan aman berkendara karena selama diperjalanan tidak was-was stok bahan bakar dan khawatir tidak menemukan penjual bahan bakar selama di jalanan.  

0 komentar:

Posting Komentar